Dibuang Persib Bandung, Michael Essien Siap-siap ke Amerika?

Dibuang Persib Bandung, Michael Essien Siap-siap ke Amerika

Disingkirkan dari Persib Bandung, Ternyata Michael Essien ada rencana untuk pergi ke Amerika

Dalam perjalanannya mengarungi Liga 1, Persib Bandung melepas satu diantara gelandang terbaik dunia, Michael Essien.

Tentunya langkah yang diambil Maung Bandung ini cukup berani dengan mencampakkan pahlawan Chelsea yang mampu menelurkan gelar Liga Champions, dua gelar Liga Inggris, empat Piala FA dan satu Piala Liga selama sembilan musim merumput di Stamford Bridge.

Catatan lima gol dari 29 penampilan sepertinya tak menyelamatkan Michael Essien dari rencana pelatih. Pemain asal Ghana itu didepak, lantaran pelatih Mario Gomez lebih memilih striker asing berupa Jonathan Bauman.

Sebab kuota pemain asing Persib telah terisi penuh, sementara kebutuhan striker yang digaungkan Mario Gomez tak bisa ditawar-tawar lagi. Sontak keputusan ini menjadi sorotan dari berbagai media di Indonesia, begitu pun dengan media-media yang berasal dari luar negeri.

Berbagai sudut pun dilontarkan oleh media tersebut, seperti yang diberitakan oleh The Sun. Media dari Toronto, Kanada itu menilai pencoretan Michael Essien merupakan suatu penghinaan bagi pemain kesayangan Jose Mourinho di Chelsea itu.

Sementara itu, media olahraga yang berasal dari London, Inggris menilai apa yang dialami oleh Michael Essien merupakan hal yang menyedihkan.

Media itu pun juga menyebut, tak banyak pemain yang bisa bermain di klub-klub raksasa dunia seperti Lyon (Prancis), Chelsea (Inggris), Real Madrid (Spanyol) dan Milan (Italia).

Michael Essien didaratkan menjelang Liga 1 musim lalu, yakni Selasa (14/3/2017), ia resmi diumumkan bakal diikat kontrak dua musim.

Artinya, gelandang asal Ghana itu habis kontrak pada 2019. Namun semua berubah setelah hasil evaluasi manajemen dan pelatih. Setelah dilepas, banyak rumor yang beredar kemana pemain yang dijuluki The Byson itu akan berlabuh.

Media-media Ghana ramai memberitakan eks gelandang Real Madrid dan Chelsea menuju Bali United. Namun, tampaknya rumor Essien ke Bali United telah pupus.

Pasalnya Bali United telah resmi merekrut gelandang Milos Krkotic untuk memenuhi slot pemain asingnya. Sebelumnya Bali United telah melepas Kevin Brands yang dinilai tak bisa memenuhi ekspektasi manajemen.

Kehadiran Milos menggenapi kuota empat pemain asing yang kini dimiliki Bali United. Selain Milos, Semeton Dewata telah dihuni Nick van der Velden, Ahn Byung-keon, dan Demerson Bruno.

Media asal Ghana lainnya pun, menyebut Michael Essien akan bergabung dengan dua tim Mayor League Soccer (MLS) atau kompetisi sepakbola paling bergengsi di Amerika, yakni DC United dan FC Dallas.

Meski diberitakan pada Februari 2018 lalu, kedua klub tersebut disebut sangat menginginkan jasa Micahel Essien. Apalagi DC united yang juga merupakan klub yang dimiliki petinggi Persib Bandung, Erick Thohir.

Setelah ditelusuri rupanya tawaran itu hanya candaan dari Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim kepada Erick Thohir. Meski hanya bercanda, kabar itu justru ditanggapi serius oleh akun pendukung DC United, @DCUHighlights.

“Kabarnya, Persib Bandung menawarkan Michael Essien kepada DC United. Gelandang box-to-box berusia 35 tahun itu baru saja pindah ke Indonesia dari Panathinaikos, Yunani.”

“Saya tak berpikir apakah ia akan cocok di tim, tetapi rumor tersebut ada,” tulis akun @DCUHighlights.

Manajemen PT PBB belum memastikan nasib Michael Essien di tim Persib Bandung untuk mengarungi musim kompetisi Liga 1 2018. Menurut Zainuri Hasyim keputusan mempertahankan atau melepas pemain adalah wewenang pelatih Roberto Carlos Mario Gomez.(*)

Related posts