Mengutamakan Pemain Lokal, Pelatih Persebaya Menuai Pujian

Mengutamakan Pemain Lokal, Pelatih Persebaya Menuai Pujian

Mengutamakan Pemain Lokal, Pelatih Persebaya Menuai Pujian

Keputusan pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera, untuk lebih memprioritaskan pemain lokal, khususnya di posisi striker ketimbang pemain asing, menuai pujian banyak pihak. Di media sosial, perjuangan Angel Alfredo Vera mengutamakan pemain lokal sedang ramai dibicarakan.

Alfredo lebih menurunkan Ricky Kayame di pertandingan melawan Perseru Serui yang dimenangi Persebaya dengan skor 1-0 (25/3/2018). Padahal, Persebaya baru mendatangkan striker asing asal Brasil, David da Silva.

Selain mantan pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, yang memuji keputusan Alfredo lewat akun Twitternya, beberapa pelatih dan pengamat sepak bola di Jawa Timur juga mengacungkan jempol bagi pelatih asal Argentina tersebut.

Mantan pemain Timnas Indonesia sekaligus legenda Persebaya, Uston Nawawi, jadi satu di antaranya. Eks pelatih Laga FC (klub Liga 3 asal Jatim), menilai Alfredo tak hanya membuat keputusan berani, tetapi pilihannya menurunkan Ricky Kayame patut diapresiasi.

“Saya sepakat dengan coach Indra. Apa yang dilakukan pelatih Persebaya adalah hal yang luar biasa. Apalagi alasan yang ia kemukakan membuat kami sebagai mantan pemain Indonesia, merasa sangat dihargai,” tutur Uston.

Hal sama diutarakan pelatih tim Pra PON Jatim, Rudy Keeltjes. Mantan bintang NIAC Mitra ini melihat Alfredo sebagai sosok pelatih yang tak sekadar mencari nama, namun juga memiliki kepedulian terhadap Indonesia.

“Dia (Alfredo) patut didukung. Coach Alfredo pelatih asing, tapi memiliki kepedulian terhadap masa depan sepak bola Indonesia. Dia sosok yang punya pola pikir yang bagus dan tidak hanya terfokus pada kalah dan menang, meski cara bermain Persebaya tetap menunjukkan tim dengan ambisi menang yang cukup tinggi,” jelas Rudy.

Related posts